PEMESANAN BLACKWALET HUB. WA 081283800580

Sunday, November 6, 2016

Keistimewaan Kerajinan Tembaga dan Kuningan

indonesia kaya akan budaya, kerajinan tembaga dan kuningan salah satunya. 
di indonesia kerajinan tembaga kuningan terbilang cukup dapat berkembang di masa moderen ini. nilai seni dan harga nya yang fantastis menjadi daya tarik bagi produsen kerajinan ini. Kebanyakan peminat/pangsa nya adalah pecinta seni, instansi pemerintah, kumpulan masjid, dan pihak swasta.

Pasti Kawan semua betanya-tanya apa sih istimewanya kerajinan yang satu ini, berikut kami sajikan alasan mengapa kerajinan ini patut di perhitungkan baik dari segi ekonomi maupun sosial budaya:



1. Produk kerajinan tidak pasaran

kerajinan ini tidak banyak kita tenukan di pasaran karena pembuatanya yang manual membuat pengrajin hanya berproduksi bila ada pesanan saja. sehingga nilai seni nya tetap dapat terjaga , nila seni terdapat pada ketukan tangan pengrajin. tak heran bila harga nya lumayan mahal.

2. Warna kerajinan tahan 5 - 10 Tahun

warna kerajinan  tidak mudah berubah warna  5 -10 tahun karena pada saat proses pembuatan dilapis menggunakan coating kimia khusus agar tidak mudah terjadi oksidasi yang menyebabkan perubahan warna. penggunaan kimia ini sebagai antisipasi bila kerajinan di letakan di luar ruangan atau daerah dekat air laut.

3. Produksi di lakukan secara Manual

produksi di kerjakan oleh ahli tempa ukir tembaga dan kuningan. bila bukan ahlinya maka tidak mudah membentuk kerajian ini. bukan perkara mudah untuk belaja tekhnik ketuk mengetuk ini karena ada  yang belajar sampai 3 tahun tapi tidak bisa jua,

4. Harga nya Fleksibel

kerajinan ini tidak memiliki patokan harga, harga nya tergantung dari ukuran tingkat kerumitan, dan ketebalan material. harga bis berkisar dari puluhan ribu hingga ratusan juta. 

5. Harga Mengikuti Kurs Dollar

kerajinan tembaga kuningan mengikuti harga dolar, di karenakan bahan baku plat harganya juga mengikuti dollar. bila harga plat naik otomatis harga kerajinan juga naik, begitu sebaliknya. itu yang membuat harga nya lumanyan merogoh kocek :-)


Demikian keistimewaan kerajinan Tembaga dan Kuningan , semoga bisa menjadi pertimbangan bagi anda yang suka dengan seni kerajinan.


Bila merasa Artikel ini bermanfaat like dan share ya  

No comments:

Post a Comment